Translate

Minggu, 22 September 2013

Tol Pertama di Bali Besok Diresmikan Presiden SBY





Inspirasi online, Badung. Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono besok Senin (23/9/2013) dijadwalkan akan meresmikan jalan tol Nusa Dua- Ngurah Rai-Benoa Bali.

Jalan tol pertama di Pulau Dewata itu, selain untuk menunjang kelancaran lalu lintas di Bali, juga untuk mendukung pelaksanaan Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC di Nusa Dua pada Oktober mendatang.
"Bali pada Oktober 2013 ini akan dijadikan tempat penyelenggaraan KTT APEC yang dihadiri kepala negara dari belahan dunia. Bisa dibayangkan kemacetan yang terjadi di wilayah Bali Selatan jika jalan tol ini belum terwujud," ujar Direktur Utama PT Jasamarga Bali Tol, Akhmad Tito Karim, dalam keterangannya di pintu Tol Nusa Dua, Minggu (22/9/2013).
Jalan tol sepanjang 12,7 Kilometer (termasuk jalan akses), kata Tito Karim, merupakan mega konstruksi yang seluruh sumber dayanya 100 persen berasal dari dalam negeri. Menurutnya, sistem transaksi jalan tol Nusa Dua- Ngurah Rai-Benoa Bali menggunakan sistem terbuka.
"Pengguna jalan bisa masuk dari mana saja dan membayar tol di gardu tol. Pengguna juga bebas keluar ke tempat tujuan yang diinginkan," jelasnya.
Tito Karim memaparkan jika tol di atas perairan Bali itu menghabiskan dana sebesar 2,485 triliun yang diperoleh dari 7 BUMN, Pemprop Bali serta Pemkab Badung. Ia mengaku, masa konsesi tol Bali dengan jangka waktu selama 45 tahun.
"Setelah 45 tahun masa konsesi selesai maka PT Jasamarga Bali Tol akan menyerahkan jalan tol ini kepada Pemerintah," tegasnya. (003)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar