Translate

Senin, 02 September 2013

Jegog Jembrana Tampil di KTT APEC



Inspirasi Online. Negara. Salah satu kesenian gambelan khas Jembrana yaitu Jegog tahun ini bakal tampil dalam perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Pacipic Economic Coorporation (APEC) ke 25 yang bakal digelar di Nusa Dua Bali.
Sebelum tampil, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar, Minggu (1/9/2013) secara  khusus datang ke Jembrana untuk mengetahui lebih dekat Kesenian Jegog yang ditabuh oleh para wanita. Sekaa Jegog Wanita yang bernama Ayu Werdhi Swari asal Desa Pohsanten Kecamatan Mendoyo menunjukkan kebolehannya di hadapan Menteri PPLA Amalia S Gumelar yang didampingi Bupati Jembrana I Putu Artha dan Wakilnya I Made Kembang Hartawan di halaman Hotel Jimbarwana.
Menyaksikan kelihaian para ibu penabuh gambelan Jegog, Menteri Amalia S Gumelar terkesima dengan kemampuan para penabuh. Bupati Jembrana pun memberikan penjelasan kepada Menteri tentang keberadaan Kesenian Jegog di Jembrana. Saat mendapat penjelasan Bupati, Ibu Menteri terkesima. Bahkan ia sempat bertanya kepada penabuh.
“ Berapa lama ibu-ibu berlatih hingga bisa seperti ini “ tanya Ibu Menteri.
Saking terkesimanya, ibu menteri bahkan mendekati gambelan jegog yang sedang ditabuh ibu-ibu. Ia tambah terheran-heran ketika melihat dua orang penabuh yang duduk diatas gambelan.“ Jegog ini ajaib, karena ada yang duduk diatas gambelan“ ujar Ibu Menteri.
Selain menyaksikan ibu-ibu yang sedang menabuh, Menteri PPLA juga menyaksikan tari Mekepung dan Tari Panyembrama yang diiringi dengan Jegog.
Tidak itu saja, ibu menteri juga diajak untuk memainkan alat musik kulkul alias kentungan yang dikolaborasikan dengan jegog. Menteri termasuk Bupati dan Wakil Bupati serta seluruh pejabat memegang kentungan bambu dan memukulnya dengan ketukan ritme yang saling bersahutan seirama dengan tabuh jegog. Sesion Kolaborasi Jegog ini rencananya juga akan dilakukan oleh para delegasi 25 Negara peserta KTT APEC.
Bupati Artha sangat berterima kasih dengan dilibatkannya Seni Jegog khas Jembrana dalam mendukung dan mensukseskan pelaksanaan KTT APEC di Nusa Dua Bali. Artha berharap Kesenian Jegog yang hanya ada di Jembrana ini semakin dikenal luas oleh masyarakat dunia. Terlebih yang hadir dalam KTT APEC adalah para pemimpin dunia. Artha juga meminta para seniman supaya lebih mempersiapkan tampilannya sehingga para peserta APEC tertarik untuk datang langsung ke Jembrana.(003)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar